8 Tahun Indische - Sebuah Catatan Kecil April 09 2016

Daya tahan sebuah brand fashion seluruhnya bergantung pada konsistensi kualitas desainnya. Bukan desainnya yg harus mirip terus, tetapi tingkat kedalaman konsep dan realisasinya yg harus konstan. Maka pelanggan tau bahwa dari musim ke musim, mereka bisa ikut tumbuh bersama perkembangan style brand tersebut, tanpa rasa bosan tapi tetap setia pada karakternya.

Bersyukurlah Indische sudah berumur 8 tahun dan masih bertahan, bahkan bertambah pelanggan setia setiap tahunnya.

Dulu dan kini - Semangat yang telah berubah terhadap produk lokal cukup terasa. Masih teringat hanya 10 tahun lalu selalu saja mendengar atau bahkan merasakan sendiri rasa sedih karena bangsa kita susah sekali diajak mengapresiasi produk dalam negeri, apalagi kalau terbentur perbedaan harga yg fantastis antara produk lokal berkualitas yang mahal dibandingkan dengan produk branded (pdhl KW buatan lokal juga) yang ditemukan di FO. Saat itu, sering jadi orang "sceptic" dan putus asa untuk membangun brand sendiri.

Tak terasa hari ini semua sepertinya sudah sangat berubah. Semangat masyarakat terhadap budaya dan produk lokal, luar biasa sudah berubah menjadi lebih baik. Tentunya semua berkat usaha semua orang, baik pelaku kreatif Indonesia, retailers yang masih idealis (seperti Alun Alun Indonesia), pihak media yang terus menggempur masyarakat dengan informasi2 kebaikan produk2 lokal, dan masyarakatnya sendiri yang sudah semakin cerdas.

Lanjutkan!