Anything is possible…. if you can't find or buy it, then make it! May 02 2015

Bulan Mei adalah bulan spesial untukku. Mamaku ulang tahun. Mamakulah yang mengajarkan aku ilmu menjahit sejak aku berumur 8 tahun, dengan tujuan sederhana : supaya menghemat. Tetapi di luar itu, ternyata esensi dari hobi menjahit itu adalah: anything is possible…. if you can't find or buy it, then make it! Berkat itulah aku menekuni jahit menjahit yang bermula sebagai hobi sampai sekarang mulai menjadi bisnis yang menyenangkan. 

Padahal Mamaku dari dulu selalu bekerja, sibuk sekali sebagai apoteker, sambil membesarkan 3 anak. Dipikir-pikir, kok sempat ya mengajariku menjahit sampai detail? Bahkan di umur 10 tahun, aku sudah bisa membuat jaket untuk kakakku, lengkap dengan kerah, kantong dan retsleting (tapi mungkin juga dia mau pakai hanya untuk menyenangkan hati adiknya saja hahaha)! Di umur 11 tahun, aku bisa membuat tas-tas kecil menggunakan bahan bekas (beli di loakan) dan dijual ke teman-teman di sekolah. Dan selama SMA semua seragam sekolahku itu kubuat sendiri supaya bisa berbeda kerah dan ban pinggangnya…. (maklum, masa remaja adalah masa eksistensial dimana aku selalu ingin berbeda dari yang lain!)

Kembali ke masa lalu, aku paling senang melihat foto ini, terlihat Papa yang begitu antusias setelah membelikan mesin jahit pertama mereka. Mungkin buat orang lain ini biasa saja, tapi bagiku, this photo speaks a thousand words. Dukungan dari Papa luar biasa supaya Mama masih bisa menjalani hobinya walaupun sibuk bekerja kantoran juga. Bahkan, Papa pun ikut menjahit baju sendiri juga!!! Sedangkan sekarang, beruntung juga aku, bisa memiliki suami yang juga supportive sekali dengan hobiku ini. Kalau semua dikerjakan bersama-sama baik itu urusan pekerjaan, hobi dan membesarkan anak, pasti menyenangkan dan menghasilkan!

... and so comes the ultimate words of inspiration : If you can't find it, then sell it!