Berkunjung ke kampus, berbagi cerita dengan para mahasiswa Program Studi Kriya May 22 2015

Beberapa hari yang lalu seorang teman lama, Kahfiati Kahdar yang merupakan salah satu dosen di Program Studi Kriya, Fakultas Seni Rupa & Desain ITB, meminta saya untuk ikut menengok sebuah pameran hasil karya mahasiswanya. Pameran ini menampilkan hasil studi mereka selama 6 bulan mengenai proses "Image Analysis". Dalam rangka pembukaan pameran tersebut, saya diminta untuk berbagi komentar/kritik, pengalaman dan wejangan kepada para mahasiswanya berkaitan dengan proses desain ini di dunia nyata. 

Proses studi mereka ini berawal dari pencarian tema, pembuatan moodboard, penggalian lifestyle, studi motif, tekstur dan warna, lalu mengaplikasikannya pada produk riil. Selain itupun mereka dilatih untuk membuat presentasi dalam bentuk display pameran, dan juga showreel atau video clip yang mewakili image temanya. Dan hasilnya? Keren abis! 

Senang sekali bisa berbagi di tempat saya dulu tumbuh. Walau berbeda program studi (saya dulu belajar Desain Produk, bukan Tekstil ataupun Fashion)... teori-teori ini berlaku sama untuk semua bidang desain. Kesimpulan dari wejangan saya kepada mereka? Dalam realitanya, jarang sekali akan ada proyek yang memberi kita "the luxury of time" untuk bisa menjalani proses ini secara lengkap dan maksimal, apalagi sampai 6 bulan hahaha. Kenyataannya, kadang ini harus bisa dilakukan juga secara alam bawah sadar di dalam otak saja dalam waktu 3 hari! Semua bergantung pada deadline dan semua distractions lainnya yg terjadi dalam pekerjaan dan kehidupan kita nanti. Jadi, semakin jago seorang desainer itu semakin cepat dia bisa melakukan proses ini. Di situlah dibutuhkannya latihan dan pengalaman. So, good luck kids!