Wanita dan Sehelai Katun Putih by RENGGANIS January 12 2017

Sifat dasar wanita : femininitas dan kesederhanaan berpadu dengan kerumitan berpikirnya... sangat menyerupai sifat kain katun putih polos yang lembut jujur apa adanya namun ketika diberi sentuhan bordir atau manipulasi lainnya, mampu menunjukkan karakter yang begitu kompleks.

Koleksi ini menggambarkan interpretasi saya mengenai sosok wanita yang sekilas tampak sederhana, tetapi jika didekati, ada banyak cerita di baliknya. Maka desain ini pun ibaratnya tanpa pencitraan [warna] dan tanpa siluet yang menyolok [longgar, tidak terlalu menunjukkan lekukan tubuh]. Tetapi dengan bahan putih polos seadanya dipadu dengan cutting yang asimetris atau draping yang dibesarkan (exaggerated) ditambah manipulasi bordir, krawang, applique dan opnaisel menjadikan karya yang bersih namun memikat dengan detail (clean but intricate). Penambahan aksen batik dan tenun yang sangat sedikit tapi tepat, membuat kepolosan koleksi ini menjadi hidup tanpa rasa berlebihan.

Biasa mendesain pakaian yang kental warna dan nuansa etnik (dengan spesialisasi di kebaya) untuk market wanita Indonesia di bawah brand Indische selama 8 tahun, kali ini saya ingin bebas dari pengaruh kebaya dan batik, tetapi tetap konsisten menunjukkan skill terbaikku dalam melestarikan bordir. Memang sudah direncanakan sejak tahun lalu, bahwa di 2017 ini saya akan memperkenalkan fashion line baru bertajuk RENGGANIS, dengan konsep yang tetap bernuansa handmade namun lebih kontemporer dan wearable oleh market global. Dengan demikian, maka perlahan ke depannya Indische akan semakin fokus mendalami keindahan kebaya dan kekuatan "heritage" bangsa yang sarat dengan makna demi mengangkat kecantikan wanita Indonesia yang begitu beragam bentuk tubuh dan usianya. Sedangkan semua casualwear dan koleksi Ready-To-Wear lainnya akan bernaung di bawah nama RENGGANIS.

Show ini diadakan dalam rangka IFC New Member Inauguration Show, 11 January 2017, bersama 44 anggota baru lainnya. Secara resmi saya sekarang bergabung dengan asosiasi fashion yang tergolong baru tapi cukup berpengaruh ini. Pada kesempatan luar biasa inilah, saya rasakan sebagai momen yang tepat sekali untuk memulai lembaran baru perjalanan karir saya sebagai desainer, karena untuk pertama kalinya saya maju dengan nama sendiri. Bismillah.

Liputan media :

http://majalahkartini.co.id/mode-kecantikan/mode/koleksi-rancangan-baru-indonesia-fashion-chamber/

Backstage photos :